Powered by Blogger.

Sunday, February 8, 2015

Obyek Wisata Alam Kalibiru, Kulon Progo



Selamat Datang di Kalibiru



Minggu, 08 Februari 2014. Agenda mengisi acara weekend ke obyek wisata alam Kalibiru di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kalibiru merupakan salah satu dari Taman wisata terpadu hutan kemasyarakatan Kulon Progo. Berada di daerah perbukitan menoreh, menawarkan keindahan alam hutan, sungai dan pemandangan alam lain yang dapat dilihat dari ketinggian. Kami berempat (wanita semua) mengendarai 2 sepeda motor dari arah bantul menuju kawasan wisata alam kalibiru, berangkat dari Bantul pukul 09.30 wib. Jarak perjalanan di peta sekitar 55 menit (no traffic light, no nyasar). Diantara kami berempat belum pernah berkunjung ke Kalibiru, jadi kami hanya mengandalkan peta dan GPS dismartphone. Jalan lumayan lancar, nyasar sedikit tapi tidak terlalu jauh, jadi waktunya tidak terlalu terbuang banyak. Jalan beraspal dan baik.


Kondisi Jalan


Baliho Selamat datang


Pukul 10.20 sampe di kawasan wisata Kalibiru. Sekitar 600 meter sebelum sampai di Kalibiru, ada pos retribusi jasa lingkungan dengan harga Rp. 5,000/sepeda motor (dalam tiket tertulis, retribusi ini akan dipergunakan untuk kelestarian hutan dan lingkungan dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat pinggiran hutan), sangat jelas maksudnya semoga hutan kita tetap lestari. Lokasi ini jalan masih datar belum ada tanjakan. Selepas melewati Pos retribusi perjalanan kami mulai menanjak dengan kemiringan tak tentu, dengan kelokan tak tentu, kami harus berhati-hati supaya bisa terus menanjak. Di pos retribusi kami diberi arahan untuk menggunakan gigi rendah saja (tapi motor kita kan matic, gigi tonggos kita mah :D). Di beberapa tikungan dan tanjakan tajam memang tidak ada rambu lalu lintas, tapi ada petugas yang ber handy-talki siap mengingatkan dan mengarahkan perjalanan kita. Selain jalannya memang ekstrim ini dikarenakan jalannya juga sempit, jadi jika dipake untuk berpapasan 2 mobil sangat sulit, jadi petugas harus memastikan benar jika ada mobil yang lewat salah satu dari mobil itu harus berhenti di pinggir.


Wisata Alam Kalibiru
Sampai diparkir sekitar jam 10.40 (jasa parkir bayar didepan, Rp. 2,000/ sepeda motor), kami langsung bergegas jalan menanjak menuju Kalibiru yang dimaksud. Dari parkiran berjarak sekitar 400 meter, karena medannya naik dan harus jalan kaki jadi terasa begitu jauh dan capek. Ada tiket masuk Rp. 5,000/orang. Sampai disana, wow, ternyata ramai juga banyak wisatawan, semua sepertinya domestik dari wilayah sekitar Yogyakarta saja. Kami langsung disuguhi pemandangan alam yang luar biasa, pemandangan dari atas bukit terlihat hijau segar, dan sungai coklat muda terlihat keruh (pasti tahu sungai sekarang tak lagi seperti yang dulu). Tapi tak mengurangi pemandangan indah di bukit menoreh ini. Sangat keren.


Papan Penunjuk jalan tersebar


Kondisi Jalan menuju Kalibiru



view

view

view

view
Beberapa pohon tercancang tali dan papan kayu, wisata ini dilengkapi dengan beberapa permainan menantang, seperti flying fox, berjalan di rangkaian papan kayu yang ditali antar pohon. Sepertinya sangat seru, tapi permainnya masih sedikit, sehingga untuk dapat mencobanya harus mengantri. Permainan ini cukup aman, karena rutenya yang pendek dan beberpa pemandu saya lihat cukup banyak dan terlatih.

Wahana Flyingfox

Kami mengabadikan perjalanan kami dalam kamera dan smartphone, melihat dari sudut ke sudut yang tak berujung, dan mengagumi alam Indonesia. Kami sangat senang mengunjungi beberapa tempat wisata alam Indonesia. 
Gazebo

Jam 11.50 kami sempatkan istirahat di warung sambil minum yang dingin-dingin, karena cuaca saat itu sangat panas, cerah sekali. Kami istirahatkan kaki dan badan kami selama 20 menit. Warung dan gazebo banyak tersedia di obyek wisata Kalibiru, bahkan jika ada yang hendak menikmati lebih lama lagi dengan menginap di sekitar obyek wisata, banyak tersedia homestay. 



Kami putuskan pkembali ke parkir jam 12.20 dan melanjutkan perjalan ke obyek wisata lain.

Ok, see u next adventure :)

Salah satu bukti jasa lingkungan. banyak tersedia tempat sampah :)

No comments:

Post a Comment

Hi, terimakasih sudah membaca, Silahkan tulis komentarmu disini...