Powered by Blogger.

Tuesday, November 4, 2014

Yogyakarta - Jakarta - Bogor, Traveling ke Jungle Land Bogor

Pintu masuk Jungleland

12-15 September 2014. Selang satu minggu setelah traveling ke Bandung saya dan kawan berangkat ke Jakarta. Tujuannya adalah ke Jungleland Bogor tapi via Jakarta dulu.  Baru bisa nulis nih, soalnya malas-malasan kecapekan kerja. Note nya juga sudah hilang karena hpnya dibawa Ibu, ceritanya tukeran hp :D.

Ini adalah liburan gratis, kenapa? Karena semua tiket dibayarin teme  kantor. Hehe.  Tiket sudah dipesan dua minggu sebelumnya, tiket kereta bengawan PP(pulang-pergi) @50.000 rupiah.  Begitu juga pesan hotel dan tiket Jungleland, kami pesan online untuk menghindari hal-hal yang tidak terduga :D.

Hari jumat, 12 September 2014. Dari kos saya sudah siapkan semua, karena berangkatnya langsung sepulang kantor sekitar jam 16.00 Wib.  Bel kantor jam 15.30, kita santai dan prepare dikantor dan 15 menit sebelum jam keberangkatan kita cabut ke stasiun Lempuyangan.  Oh iya lupa, kami bertiga dan saya cewe sendiri.  Begitu sampai di stasiun kereta sudah datang, kami langsung naik dan mencari kursi kami.

Singkat saja. Perjalanan aman dan lancar, tidur mulu hehe. Sampai di stasiun Senen Jakarta sekitar pukul 23.30. Bingung nyari kendaraan menuju Hotel yang sebenernya cuma deket dari stasiun.  Keluar stasiun menuju terminal, disitu banyak angkot malam yang biasa disebu kalong. Tapi kok banyak cewe yah malam2 jadi kernet kalong.  Aah sudahlah aku tidak berpikir mereka, kami naik kalong yang sedang terparkir di depan terminal seperti sedang menunggu penumpang.  Tapi sopirnya palah tidur di kursi kemudi, kami cukup lama menunggu sekitar 15 menit.  Kami bertiga saling ngomong "ini daripada nunggu mending jalan kaki udah nyampe hotel, udah bisa ngorok" haha.  Dan akhirnya kami putiskan turun dan jalan kaki karena angkotnya tak kunjung jalan.  Tidak sampai 15 menit kami sampai di hotel (udah lupa nama hotelnya). Niat check in agak terhambat karena kamar yang dipesan dipakai orang lain (hotel aneh, udah dipesan kok di kasih orang).  Akhirnya kami dikasih kamar lain, kita pesan dua kamar, satu single satu lagi double. Karena kan aku cewe sendiri hehe. Sudah, beres-beres dan istirahat.

Sabtu, 13 September 2014.  Keluar dari hotel sekitar jam 07.30, jalan kaki ke jalan raya, niat menuju halte budi utomo tapi mampir sarapan dulu depan sekolah smp (lupa nama smpnha). Sarapan hemat nasi ayam dan sayur ala anak smp :D.  Selesai sarapan langsung jalan menuju halte.  Tak selang lama bus kami datang (entah bus mana, aku cuma ngikutin temen aja.soalnya ini pertama saya nggembel di Jakarta). Tujuan kita ke stasiun kota, melewati beberapa halte dan transit.  Kalo sendiri dijamin hilang aku haha.  Sampai di stasiun kota kita pesan tiket comuter line ke Bogor. Harga tiket @5.000 rupiah, tapi ada uang jaminan 5.000 untuk sebuah kartu comuter line.  Setelah sampai di stasiun tujuan baru dituker dengan uang jaminannya. (Begitu cara kerja naik kereta comuter line, baru tahu :D).  Dari kereta bisa lihat pemandangan sekitar kota Jakarta, monas, gedung2 tinggi, kampung2 kumuh, dll. Ada lebih dari 10 stasiun kami lewati, sudah saya catat tapi note sudah kehapus.

Loket Commuter Line (kereta)

Kartu penumpang commuter line

Sampai di stasiun Bogor sekitar jam 10.30 siang. Perjalanan Jakarta - Bogor itu lebih dari dua jam.  Keluar dari stasiun naik angkot, menuju halte bus trans Baranangsiang.  Beli tiket harga @5. 000 rupiah dengan tiket bus jurusan Baranangsiang - Bellanova.  Perjalanan lumayan lama, melewati pintu tol dua kali.  Sampai pada tujuan, turun dari bus, lanjut mencari mobil jemputan dari Jungleland.  Mobil ini gratis, biasa untuk menjemput karyawan Jungleland dan wisatawan yang tidak membawa kendaraan pribadi, karena naik ke kawasan sentul itu tidak ada angkutan umum.

Tiket Bus trans di Bogor

Sampai di Jungleland hampir jam 12 siang.  Lagi panas-panasnya udara siang itu.  Jungleland adalah kawasan bermain thema outdoor, jadi panasnya siang mengganggu aktifitas bermain pengunjung.  Kami mulai masuk dan menjajaki satu per satu permainan yang kiranya kami minati. Ada petir, pesawat apa itu, rumah hantu, gokart, rollercoaster, bianglala, naik mobil di sirkuit, main kapal kaya bajak laut, dan lain-lain.  Ada juga beberapa wahana yang diperuntukan untuk anak kecil, seperti bianglala mini, halilintar mini, kereta kuda mini, dan yang serba mini untuk anak kecil, tidak begitu berbahaya karena resiko kagetnya sedikit, tapi anak kecil yang naik saya lihat tetap takut dan menangis :D.

Pesawat ulang alik :D

Petir (kalau di trans studio namanya giant swing)

Replika nenek sihir

Kuali Api

Boat Blaster

ini permainan di boat blaster, saling serang dengan air semacam bajak laut :D

Area permainan anak-anak

Konon bianglala terbesar di asia (bener ngga?)

Kami sempatkan istirahat di kantin Jungleland, semacam foodcourt.  Karena kelaperan, kehausan dan kepanasan makan apa aja serasa enaknya banget.  Tapi makanan di Jungleland mahal. Hehe anak kos.  Nasi goreng aja 35.000 rupiah, es lemon tea 16.000 rupiah, fruit tea botol 10.000 rupiah. Tapi memang umumnya untuk taman bermain demikian rata-rata mahal.  Setelah kenyang dan dirasa cukup istirahatnya kami lanjutkan berburu wahana lagi.

Ada beberapa wahana yang baru dan belum dioperasikan, masih dalam tahap pengerjaan, salah satunya nih snake coaster, mungkin 2015 sudah bisa beroperasi.

Snake coaster

coming soon snake coaster

Pengerjaan snake coaster dilihat dari atas bianglala

Bagian depan halaman Jungleland

Keluar dari Jungleland sekitar jam 16.30 sore hari.  Segera mencari mobil Jungleland yang turun, untung masih ada satu mobil yang akan turun.  Kami sampai di halte saat berangkat, lanjutkan perjalanan ke halte baranangsiang kemudian naik angkot ke stasiun.  Kembali naik commuter line menuju Jakarta.  Sampai di Jakarta sekitar jam 20.00, kami menggunakan taksi menuju Roxy.  Kami ingin belanja dan melihat-lihat beberapa gadget dan aksesorisnya, kan di Roxy terkenal murah dan kumpulan jualan gadget.  Sampai di Roxy sekitar jam 20.30, kami langsung kalap nyari ini dan itu, padahal sudah hampir tutup.  Beberapa toko sudah siap-siap menutup dagangannya.  Kami naik ke lantai 4 dan ketemu dengan barang-barang yang kita cari.  Setelah dapat semua keluar dari Roxy, niat mencari makan.  Kami makan di dekat Roxy, makan soto dekat sungai pinggir jalan.  Saya kasih kesan sedikit untuk tempat makan yang kami pilih, salah pilih total: makan sambil mencium aroma sungai yang bau tidak enak, kemudian muncul kecoa dari bawah meja, makanan apapun yang ada pasti berubah buruk, sayapun tidak berselera makan.  Aaah sangat nyesal. Soal harga sih standar.  Selesai, lanjut balik ke hotel naik taksi. Sampai hotel sekitar jan 22.30 dan istirahat.

Minggu, 14 September 2014.  Pagi hari bangun dan siap perjalanan lagi. Keluar hotel jam 07.30, jalan menuju halte budi utomo. Eh sebelum sampai di halte kita makan dipinggir jalan sebrang halte, ada bapak penjual lontong sayur. Yah ink makanan lebih baik dari yang semalam.  Selesai, menuju halte dan menaiki bus.  Tujuan kita pagi ini adalah ITC cempaka mas mall.  Setelah beberapa kali transit, kita sampai juga di halte dekat mall.  Jalan sebentar menuju mall, bebarengan dengan beberapa karyawan mall.  Saat itu baru jam 09.00, mall belum sepenuhnya buka, masih gelap dan sepi.  Lha karyawannya baru pada datang gitu. Haha.  Katrok sekali ke mall pagi-pagi kaya ke pasar pon aja.  Kami tunggu beberapa menit, sembari menunggu kami jalan-jalan dulu di Carefour di lowerground, haha cuma itu yang bisa dilakukan di mall, belanja camilan untuk bekal di kereta.  Keluar dari Carefour, menuju lantai 1, beberapa toko sudah buka, tapi kami cuma melewatinya saja, keburu balik hotel dan checkout.

Keluar mall, menuju halte kembali ke hotel. Saat itu jam 10.30.  Sampai di halte budiutomo jalan kaki menuju hotel dan mampir di warung depan smp itu (pada saat hari sabtu) membeli popmi dan beberapa camilan lagi haha, doyan makan.  Kami masuk hotel jam 11.15 siang.  Istirahat dan persiapan checkout.  Checkout sekitar jam 11.40.  Hari ini adalah jadwal pulang ke Yogyakarta menggunakan kereta bengawan jam 12.10.  Kami tiba di stasiun jauh sebelum kereta datang, kami bersama penumpang lain duduk lesehan di lantai stasiun dekat rel kereta sembari menunggu kereta kami datang.  Penumpang saat itu lumayan banyak.

Kereta datang tepat waktu, kami naik dan mencari kursi kami.  Kami bertiga, kebetulan jejer saya ada penumpang cewe juga.  Ada cerita menarik dengan cewe itu, entah namanya siapa.  Kelihatannya usia masih belasan, dia baru semester 5 di UMS (univ. Muhammadiyah Surakarta).  Anaknya cantik berkerudung, tapi ya alay-alay gitu kaya anak jaman sekarang haha.  Pertama kami cuma saling tanya asal dan darimana trus tujuan kemana serta basa basi lainnya.  Trus dia pinjam headset ke saya,

"Mba bawa headset?". Aku jawab "bawa".

Dia tanya lagi, "dipake enggak?". Aku jawab "sekarang lagi engga".

"Aku pinjam ya, headsetku ketinggalan di tempat temen Jakarta", katanya. "Ow ya monggo, ini" kataku sambil mengambilkan headset dari tas. Dia bercerita pokoknya di hari-harinya mesti dengerin musik, rasa ada yang kurang kalau tidak ada musik.

Oke sudah, kami berempat sibuk main gadget dan sesekali makan camilan yang dibawa dari Jakarta.  Anak sebelahku si santai, cuma bawa satu botol pocari sweat. Kami pun nawarin ke anak tadi beberapa camilan yang kami makan.  Dan tiba-tiba dia cerita dan nunjukin beberapa foto dan chat seseorang, "sejak aku pasang PP(photo profile) ini di twitter, followerku jadi tambah banyak banget mba, jadi seribuan lebih.  Mereka pada nyapa dan minta aku supaya bisa nonton syuting Aliando, ada yang minta pin, no hp, [bla bla bla] " ( begitulah intinya, aku masih ingat tapi malas untuk mendetailkan).

*PP yang dipasang adalah photo dia bersama Aliando.

*Aliando adalah artis remaja cowo yang lagi tren dan ganteng yang main di GGS (ganteng-ganteng serigala).

Ceritanya dia habis main dari Jakarta, dan menyaksikan Aliando syuting di Jakarta, karena kenal dengan kru jadi dia bisa foto bareng dan nonton syutingnya. Sudah gitu doang.

Dan masih banyak sebenernya keseruan dan kegilaan yang kami dengar dan alami, haha tapi yasudahlah itu urusan remaja belia.  Kami sampai di Stasiun Lempuyangan jam 21.20, kamipun bergegas turun dan berpisah dengan anak tadi, dia turun di Solo.

Ambil motor dan lanjut pulang, Istirahat, esok paginya kami bekerja. :D

*foto-foto yang hari terakhir rusak gara-gara flashdisk virus hmm