Powered by Blogger.

Saturday, May 31, 2014

Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta: GL Zoo


Minggu, 20 April 2014. Liburan di sekitar Jogja yang dekat, yaitu di Kebun binatang Gembira Loka atau sering disebut GL Zoo. Namanya keren yah? Kebun binatang satu-satunya di Yogyakarta. Liburan menarik dan murah meriah. Untuk sekedar melepas penat dari kesibukan kerja, dan untuk pengetahuan juga. Menengok banyak koleksi binatang-binatang yang tidak pernah berkeliaran di sekitar kita secara umum.

Selama Saya di Jogja baru saat itu berkunjung ke GL Zoo, senang rasanya haha lebay. Dulu saat study tour SD kelas 5 pernah sekali, tapi sudah lama sekali jadi lupa lah, palah curhat. 


Lanjutkan, harga tiket masuknya Rp. 25.000/orang. Sebenarnya mahal juga tuh tiket (haha). Tapi mungkin itu sebanding dengan apa yang dilihat di dalam GL Zoo. Masuk lah, jreng ada singa? tidak lah, masuk itu berasa adem banget, sejuk dan segar disuguhin halaman besar paving blok yang dihiasi pohon-pohon besar. GL Zoo dilengkapi dengan petunjuk-petunjuk arah, sehingga mudah untuk menelusuri GL Zoo. 



Kita mulai petualangan masuk GL Zoo, berjalan lumayan jauh dengan petunjuk arah yang disediakan, menuruni anak tangga dan menyebrangi sungai melalui jembatan buatan. Pemandangannya ya seperti hutan gitu, karena dibuat sedemikian rupa menyerupai habitat asli untuk hewan. Sepanjang jalan ada danau buatan yang ditengahnya ada ornamen kapal besar yang difungsikan sebagai kafe dan dermaga untuk pengunjung yang ingin menaiki kapal ataupun boat. Tarif boat Rp. 20.000/orang, tarif kapal ramai-ramai Rp. 10.000/orang.



Lanjut, Mulai nampak beberapa kandang hewan, seperti aquarium aligator yang besar, kandang orang utan, buaya, dan rusa. Melihat satu per satu kandang hewan dengan tingkah nya yang lucu.





Kemudian masuk ke zona reptil dan amphipi, hewan yang ada di dalamnya bisa ditebak, ya sebangsa reptil, seperti ular, biawak, kura-kura, komodo, katak dan penyu. Tapi tidak seperti yang kita jumpai di jalan yah, semua jenis reptilnya unik dan bermacam-macam. Saat itu ada atraksi atau pertunjukan ular makan ayam, kita ditunjukan proses ular itu melumpuhkan ayam dengan melilitnya, kemudian menelannya dengan perlahan. Lumayan ngeri yah, tapi ada pemandunya, tenang saja. Kita juga bisa berinteraksi langsung dengan beberapa ular dan kura-kura.




Selanjutnya kita menuju Bird Park. Zona koleksi berbagai jenis burung. Di dalamnya ada berbagai macam burung, dari mulai burung yang tidak bisa terbang, burung ocehan, sampai burung karnivora. Di sini kita juga bisa berfoto ria dengan burung kakak tua yang cantik-cantik. di zona ini ada reovasi kandang yang dipersiapkan untuk pinguin afrika, Sekarang sudah datang pinguinnya 6 ekor, waktu saya berkunjung masih kosong :D. Oh iya di area ini ada toko souvenirnya yang dikelola oleh GL Zoo sendiri, ada kaos, boneka, gantungan kunci, dll.




Hari sudah luhur, kami istirahat sejenak di mushola sekalian sholat. Dari mushola terdengar suara mic, yang sepertinya ada pertunjukan. Kami datangi lokasi itu, dan benar saja ada pertunjukan hewan di panggung, seperti pertunjukan beruang, marmut, dan orang utan. Tingkahnya lucu dan menggemaskan, hewannya sudah terlatih seperti di sirkus. Ada jam-jam tertentu untuk pertunjukan itu, beda-beda pertunjukan setiap harinya.

Selesai, kami ikuti arah keluar. Sepenjang perjalanan, tentu banyak lagi kandang binatang yang kita temui, ada tapir, monyet, macan, rusa, unta, babi, dan lainnya.

Terowongan jalan keluar

Koreksi saja, sebenarnya kebun binatang ini masih belum begitu lengkap koleksinya, masih sedikit sekali koleksi hewannya. Mudah-mudahan saat berkunjung lain waktu, hewannya sudah bertambah banyak.

Oke, See U next adventure !

No comments:

Post a Comment

Hi, terimakasih sudah membaca, Silahkan tulis komentarmu disini...