Powered by Blogger.

Thursday, November 10, 2011

Khasiat Daun Binahong

Apa itu daun Binahong?? Saya kira sangat asing ditelinga, istilah daun binahong pada saat saya pertama mendengarnya. Ternyata Daun Binahong itu merupakan daun dari tanaman obat yang banyak digunakan untuk pengobatan. Bahkan sudah lama dikenal di dunia pengobatan dan terkenal dengan khasiatnya yang bejibun luar biasa dahsyat. Seperti menyembuhkan luka luar, diolah untuk pengobatan nyeri otot, minuman kesehatan dan lain sebagainya.

Untuk perkenalan, Binahong (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis ) adalah tanaman obat daari famili Basellaceae yang berasal dari daratan Tiongkok yang dikenal dengan nama asli Dheng San Chi. Hampir semua bagian tanaman binahong seperti umbi, batang dan daun dapat digunakan dalam terapi herbal.

Seperti pengalaman saya saat mengalami luka sayatan pisau dan luka gores, nenek saya langsung menempelkan daun binahong yang sebelumnya di remes-remes/ditumbuk sampai berlendir kemudian baru ditempelkan pada luka. Terbukti menghentikan pendaahan, luka cepat mengering dan rasanya itu dingin dikulit. Dan bukan hanya untuk luka, berikut beberapa khasiat binahong dalam dunia medis:

KHASIAT BINAHONG

  1. Menyembuhkan luka dalam dan luar: luka operasi, typhus, radang usus, luka tersayat, memar, luka bakar, maag, wasir, caesar. 
  2. Pembengkakan Jantung, Pembengkakan Lever 
  3. Memulihkan Kondisi Tubuh (Lemah setelah sembuh dari sakit)/ memulihkan stamina 
  4. Rhematik, Nyeri Otot, Asam Urat 
  5. Mencegah Strooke 
  6. Sesak Napas 
  7. Disentri 
  8. Kencing Manis (Diabetes) 
  9. Keputihan 
  10. Kelemahan Laki-laki 
  11. Menyuburkan Kandungan 
  12. Kerusakan Ginjal 

Untuk cara-cara penggunaannya dapat di search, banyak sekali artikel yang memuat halaman bertema pengobatan dengan Binahong.