Powered by Blogger.

Tuesday, November 20, 2018

Malaysia Tour #Day4, Batu Caves

DAY #4 Senin (30 oktober 2017)

Pagi hari setelah mengumpulkan nyawa, dan mandi jam 08.30 sarapan, Di meja sarapan saya saling menyapa dengan orang Indonesia juga yang sedang sarapan, namanya Desy dari Jakarta. Saya baru mau ambil roti buat sarapan ngga jadi palah, karena ngobrol dan berniat keluar bareng. Dia sendirian berangkat dari Jakarta (salut saya). Hari itu kebetulan tujuan pergi kita sama yaitu ke BAtu Caves, kita turun bareng (temen saya masih dandan, setelah selesai menyusul). Akhirnya saya ajak ke Kedai Arifin untuk beli roti canai, sambal nunggu temen saya, dan temen laki-laki yang kerja disana juga. Setelah selesai makan dan kumpul semua kami berempat segera menuju pasar seni stesen dengan tujuan pergi ke batu caves. Ke batu caves dari pasar seni stesen, cukup menggunakan Kereta komuter dan tidak perlu transit-transit, bisa langsung turun di batu caves (cari tujuan di mesin tiket). Sekitar jam 09.50 kita sudah menaiki kereta menuju ke batu caves.

Perjalanan hanya perlu waktu sekitar 25 menit, jam 10.15 kita sudah sampai di Batu Caves. Kita berjalan menuju tempat wisata yang tidak jauh jaraknya dari Batu caves stesen. Batu Caves adalah tempat wisata yang utama adalah Goa yang dipergunakan sebagai tempat ibadah umat hindu. Banyak masyarakat india di sekitar wisata Batu Caves, mulai dari penjual souvenir, penjual makanan, penjaga loket dan warga sekitar juga. Icon dari batu caves adalah patung dewa murugan dengan warna emas terletak di bagian latar depan sebelum menaiki ke goa.

Untuk masuk ke goa, kita harus menaiki anak tangga yang lumayan cukup melelahkan. Sebelum menaiki anak tangga, kita diwajibkan berpakaian sopan, dan untuk beberapa yang memakai pakaian diatas lutut, perlu tambahan kain yang disediakan oleh penjaga, disitu harus memberi uang jaminan sebesar 5 RM. Setelah masuk ke goa, kita melihat beberapa sesaji, patung dan tempat semacam kuil yang semua diperuntukan untuk ibadah. Segala macam aksesoris berkaitan kental dengan tradisi orang india. Kita berphoto-photo, melihat monyet dan beberapa merpati. Mengamati tingkah lucu monyet-monyet dan sesekali membaca beberapa event perayaan yang biasa dirayakan di batu caves. Setelah puas berkeliling goa, photo, dan berinteraksi dengan monyet dan merpati, kita turun bersama. Setelah turun, yang pertama di cari adalah makan, karena waktu sudah siang dan cukup menguras energy dari menaiki anak tangga dan berkeliling goa. Tapi di daerah batu caves tidak menemukan makanan yang mengundah selera, akhirnya kami putuskan untuk mencari makan di kota saja. Kita kembali menaiki kereta menuju ke KL sekitar jam 13.00 an.

Kita sampai di KL dan mulai berjalan menelusuri kota dari Mall ke Mall dari trotoar ke trotoar menuju sungei wang plaza, kita makan di foodcourt yang ada di rooftop. Kondisi hujan yang membuat kami agak kesulitan menuju lokasi. Kita istirahat dan makan di food court sungeiwang. Banyak kedai makanan dengan aneka makanan yang lezat-lezat, pelayan makanan kebanyakan adalah orang jawa, yang mahir berbicara Bahasa jawa (lucu nih, pesen makan di Malaysia pakai Bahasa jawa). Kami pesan makanan masing-masing, kita punya selera beda, hehe. Selesai makan kita move, cari jajanan untuk oleh-oleh, tak jauh dari sesuatu yang manis dan kecil semacam coklat dan gula-gula, kami masuk ke semacam supermarket mini, belanja macam-macam jajanan untuk dibawa pulang ke Indonesia. Tak lupa kita beli jajanan yang kekinian di Indonesia belum ada saat itu, Milo ice cream, hehe. Ice cream nya ga di bawa pulang Indonesia lah, kita langsung makan di pinggir jalan sambal menikmati kendaraan lewat. Setelah selesai kita jalan lagi, saat itu masih sore, kita balik ke Hotel, semuanya.

Sampai di hotel gempor karena jalan terus, 1 teman istirahat dan tidur karena kecapekan, 1 lagi setelah sejenak istirahat pergi ke pasar seni sendiri untuk membeli souvenir. Aku dan teman laki-laki duduk di lobi hotel untuk istirahat dan sambal bertukar photo dari masing-masing ponsel kami, mengingat hari itu hari terakhir ketemu sebelum balik ke Indonesia.

Sore berganti malam, teman dari pasar seni sudah pulang, setelah selesai tukar photo pun teman pamit untuk balik ke rumah,. Selepas itu saya kembali ke kamar hotel, mandi dan istirahat. Malam hari kami berdua pergi keluar untuk cari makan., mampir 7eleven dan beli ice cream dan cemilan lagi, ketagihan milo ice crem bro haha. Menuju hotel dan prepare untuk pulang besok pagi. Karena pesawat lebih pagi jam 7 pagi.