Powered by Blogger.

Monday, June 4, 2012

Strawberry Farm - Purbalingga



Kapan kebun strowberry dapat dikunjungi? bulan apa kalau musim buah?. Kadang-kadang jika ingin berkunjung ke sebuah wisata kebun seperti demikian perencanaannya. Tapi untuk dapat ke kebun stroberi dapat kapan saja, karena musimnya lumayan lama. Pengalaman tersebut saya dapat saat berkunjung ke kebun stroberi di Purbalingga, Jawa Tengah pada bulan Mei 2012.



PURBALINGGA, 11 May 2012. Purbalingga adalah suatu kabupaten di Jawa Tengah yang notabene termasuk daerah dataran tinggi, lembah gunung slamet. Kota Perwira ini memiliki pertanian khas area dataran tinggi yaitu sayur-mayur dan yang paling spesial adalah Stroberi. Sebagian kebun di dataran tinggi Purbalingga menanam stroberi sebagai komoditi utama. Ini yang menarik wisatawan untuk datang, dan pemilik kebun menyediakan fasilitas untuk dapat memetik sendiri buah segar langsung dari pohonnya. Untuk para kebanyakan wisatawan yang belum pernah menjadi momen mengasyikan. Biasanya pemilik kebun mengenakan tarif per Kg untuk tiap stoberi yang dipetik, rata-rata tarif 20rb-25rb/Kg.




Dan kapan musim buah strowbery? Jawabnya adalah setiap bulan. Setiap tahunnya tanaman strobery hanya melakukan 1 kali pergantian tanaman, yaitu pada bulan Januari umumnya, dan pada bulan Maret sudah berbuah, dan akan berbuah terus sampai pada bulan Desember. Pemetikan dilakukan 2 hari sekali. So, berminat datang tapi ragu-ragu takut belum berbuah? jangan kuatir, telusuri saja kebun Stroberi antara bulan Maret-Desember dan temukan "si merah imut" untuk oleh-oleh. Tidak hanya Stroberi wisatawan dapat membeli sayur mayur seperti: kobis, bunga kol, muncang/daun bawang, wortel, welok, sawi, dll.




Cuaca memang panas, tapi suhu tak lebih dari 28 derajat, itu yang membuat wisatawan nyaman berada berlama-lama di kebun ini. Suasananya tenang, akses jalan lancar beraspal, dan udaranya sangat sejuk khas pegunungan. Daerah ini sekitar 25 Km dari pusat kota Purbalingga, dengan medan sedikit menanjak.

3 comments:

Hi, terimakasih sudah membaca, Silahkan tulis komentarmu disini...