Powered by Blogger.

Friday, June 29, 2012

Mendaki Puncak Mahameru, Tambak, Banyumas

Kabut di Mahameru

Kangen dengan kegiatan PA (pecinta alam). Puncak Mahameru Tambak menjadi ajang melepas rasa kangen dengan kegiatan PA. Puncak Mahameru tidak terlalu tinggi, namun untuk pendaki yang amatir seperti saya ini sangat melelahkan. Siapa tahu ada yang mau mencoba puncak Mahameru, silahkan. Berikut pengalaman saya mendaki gunung kecil ini.

Tanggal 2 Juni 2012 sabtu malam sekitar jam 8 malam kami baru start dari rumah. Kenapa pilih malam? karena dirasa tidak begitu capek, tapi sama saja capeknya. Tidak ada persiapan berarti, cuma bawa bekal mie instan, kaleng susu, spritus, jacket, dan beberapa cemilan serta 2 liter air mineral, kami berempat. Mengendarai 2 sepeda motor.

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>Istirahat dulu

Sewaktu ikut PA memang saya sudah 2 kali mendaki mahameru, tapi medannya jauh dari perkiraan saya. Dulu itu jalannya super duper jauh, karena motornya dititipkan di bawah, pemukimana ramai. Nah saat itu sepeda motor ikut naik sehingga jalannya tidak begitu jauh.

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>[MASAK]Bikin Sarapan

Sempet nyasar karena cari rute terpendek tapi tidak ketemu, jadi lewat rute biasa walaupun lumayan jauh dan jalannya sangat tidak nyaman. Sekitar jam 10 malam sampe pada pemukiman warga bagian atas, langsung naik. Sampe puncak pukul 12 malem, terlalu lambat jalannya karena kami itu sangat tidak biasa mendaki, sudah lama sekali tidak mendaki.

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>SUNRISES

Luar biasa dingin, malam hari kami hanya tidur beberapa jam saja di basecamp. Puncak mahameru menyediakan rumah Basecamp yang cukup luas dan nyaman. Sayangnya pada saat itu kami tidak membawa tikar, yah beralaskan seadanya. Pagi hari kami harus berkemas dan membuat sarapan untuk turun. Sunrise pun tidak terlihat bagus karena kabut tebal menghalangi.

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>[TURUN GUNUNG]

Expedisi Files in here [update]

Jika ada yang berminat silahkan coba puncak mahameru Tambak. Dahulu ini merupakan lokasi pendakian yang ramai, untuk para pemula, PA SMA, dan DIKSAR PA. Sekarang hanya beberapa orang saja yang berminat. Mungkin untuk musim-musim tertentu ramai pendaki.

1. kalo pas musim liburan dan lebaran , mahameru selalu rame... ayo ayo berkunjung ke mahameru lagi.... nikmati keindahan yang Allah ciptakan untuk kita :D

2. mantap bro. lain kali kesana lagi :D

1. salut nya itu mendaki malam hari... kendel ya kang... ora wedi ana medi....wehehe...

3. hehe.... itu dulu waktu aku SD nyari rumput juga pernah nyampe sana.... maklum cah nggunung.... kangen juga si... apalagi kalo kita lewat lereng sblh utara biasanya jam 9 pagi lihat ke bawah cuma hamparan kabut... tapi sejati nya itu bukan gunung....bitu dataran tinggi yg ktinggiannya tdk lbih dari 1000 meter DPL... coba aja ke Puncak MAHAMERU yg ada di lagu Dewa 19... yaitu puncak dari Gunung Semeru... gunung tertinggi di pulau jawa...3000 meter DPL... ato kalo kita orang sekitaran gombong. bnjarnegara..sumpyuh...tambak.... bisa nyoba mendaki gunung slamet ...insyaAlloh mantap .....

Hi, terimakasih sudah membaca, Silahkan tulis komentarmu disini...